Minggu, 19 Agustus 2012

Rahasia Alam Bawah Sadar


Alam Bawah Sadar Mengendalikan Hidup Anda

Bahwa bawah sadar adalah yang sebenarnya mengendalikan hidup anda,  Juga Sakit anda derita atau kebiasaan ,sikap prilaku anda yang sekarang ini ,  Percayakah anda ?
Ternyata dari berbagai penelitian 88 persen yang mengendalikan hidup anda adalah BAWAH SADAR anda ,sisanya adalah pikiran sadar anda ,demikian juga dengan SAKIT  anda yang  sekarang ini ,ANDALAH yang  MENCIPTAKANNYA tanpa anda sendiri menyadarinya  !!  PERCAYAKAH ANDA ?

Untuk dapat memahami pendapat diatas anda harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja PIKIRAN kita  terlebih dahulu ,seperti saya sampaikan diatas bahwa 88 persen pikiran bawah sadar andalah yang membentuk anda sekarang ini ! , ya ANDA yang sekarang ini secara keseluruhannya ! , sikap prilaku anda , pandangan hidup anda demikian juga dengan kebahagian , juga KESEHATAN ANDA !!  ,artinya bila anda saat ini sedang menderita sakit …. itu adalah kerja dari bawah sadar anda  ,demikian juga sebaliknya bila saat ini anda sehat selalu itu juga akibat dari kerja bawah sadar anda !

Baiklah saya akan jelaskan sedikit mengenai kerja pikiran sadar dan bawah sadar kita. . .
Sebelumnya saya sedikit mengulang bahwa pikiran bawah sadar anda adalah sebanyak 88 persen dan sisanya adalah pikiran sadar anda ,jadi bagaimanapun kuatnya pikiran sadar anda akan selalu dapat dikalahkan oleh pikiran bawah sadar anda ! jadi KITA HARUS BERDAMAI DENGAN PIKIRAN BAWAH SADAR KITA .
PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR  selalu berkomunikasi  tanpa kita dapat menyadarinya selalu ,kadang kita mengetahui bahwa sedang terjadi komunikasi diantaranya . . . saat kita bertanya pada hati kecil kita , saat kita dalam hening …
Atau dapat anda rasakan sendiri pada saat anda . . . misalnya naik sepeda  , pikiran sadar anda memerintahkan anda untuk naik sepeda dan menjalankannya , maka tanpa  anda  perintah lagi (pikiran sadar )  otomatis  kaki , tungkai  ,lengan  dan badan anda secara sangat terkoordinasi menaiki sepeda dan menjalankannya . . . semua ini tidak lain adalah dari hasil kerja bawah sadar anda yang telah tersimpan memori bagaimana cara mengendarai sepeda sebagai hasil latihan anda sejak kecil dulu.
Demikianlah betapa sangat  besar peran pikiran bawah sadar dalam mengendalikan hidup anda , demikian juga dalam halnya kesehatan , memori kebiasaan buruk sejak kecillah yang membentuk penyakit yang anda derita saat ini . Bagaimana anda dapat menghilangkannya ?  tentu memori tsb harus diganti dengan memori yang baru yang DAPAT  memerintahkan semua ORGAN TUBUH anda berfungsi seperti yang anda inginkan , medorong anda berprilaku SEHAT
BAGAIMANA CARANYA ??

 Mengendalikan Alam Bawah Sadar Dengan Mimpi

Pernah lihat film "inception"? berkisah tentang sekelompok orang yang berusaha mempengaruhi orang lain dengan cara masuk ke dalam mimpi lalu mengendalikan alam bawah sadar orang yang dijadikan target, dengan mengendalikan mimpinya.


seorang peneliti Universitas Yale menemukan kemungkinan adanya "lucid dreamers", yaitu para pemimpi yang bisa mengendalikan mimpinya dan mampu mempelajari skill-skill baru di mimpi mereka.

Tim peneliti ini kemudian melakukan eksperimen dengan konsep 'melatih' orang dengan cara meminta mereka apa yang harus dimimpikan. Orang yang bisa mengendalikan mimpi-mimpinya memiliki kemampuan tak biasa untuk merasakan sensasi atau euphoria, seperti saat mereka berhasil meraih atau berprestasi terhadap sesuatu yang diinginkan.

Tak hanya itu, penelitian juga berhasil mengungkap bahwa orang bisa 'memanfaatkan' mimpi sebagai wahana untuk mempelajari sesuatu.

Dengan mengendalikan mimpi, maka akan membuka kesempatan untuk 'memanipulasi' mimpi untuk belajar dan berlatih. Ini bukan berarti mereka bisa berlatih seperti berlatih bermain biola di dalam tidur. Namun, para "lucid dreamers" ini bisa 'membuka' otak mereka untuk 'berlatih' selagi tidur.

Para "lucid dreamers" ini juga diketahui memiliki kemampuan lebih baik dalam tugas yang memiliki pertaruhan, yaitu yang didesain untuk menguji bagian penting dari otak mereka dalam hal mengambil keputusan dan interaksi sosial mereka.

Menurut Peter Morgan dari Universitas Yale, bagian otak inilah yang sangat berpotensi untuk dilatih. Karena itu Morgan dan timnya berharap dapat meningkatkan kontrol sosial dan kemampuan mengambil keputusan seseorang, dengan melatihnya melalui mimpi.

"Kita tahu dengan menautkan sirkuit di otak kita bisa mengubah arsitekturnya," ucap Morgan.

Selain peneliti Yale, latihan melalui mimpi ini juga sudah dilakukan peneliti dari Universitas Bern, Swiss. Penelitian yang dipimpin Daniel Erlacher itu mengungkap, orang yang 'melatih' (otaknya) untuk melempar koin ke dalam cangkir akan bisa lebih jago melakukannya di dunia nyata. (Daily Mail)
  
Ketika menghadapi kemelut kehidupan,sering kali kita tak berdaya,semua jalan terasa buntu,dan akhirnya putus asa.Padahal kita tidak perlu menjadi korban.Percaya atau tidak,sebenarnya kita dapat menciptakan sendiri semua yang kita inginkan.Bagaimana caranya?

Dalam setiap babak kehidupan,manusia selalu mengalami satu atau lebih peristiwa yang dapat ,menggoncang dan mengubah kehidupannya.Kebutuhan hidup yang begitu besar yang tak seimbang dengan pendapatan,kehilangan pekerjaan,konflik rumah tangga,perceraian,kematian pasangan hidup atau salah satu anggota keluarga yang dicintai,sakit parah berkepanjangan,kecelakaan yang menyebabkan cacat seumur hidup,dan berbagai krisis kehidupan lainnya,semua itu bisa membuat depresi bahkan mengguncang keimanan kita.

Jelas kita tidak merasa bahagia.Padahal menurut Erbe Sentanu,pendiri Katahati Institute,sebuah lembaga yang mengajarkan tehnik pemberdayaan pikiran dan perasaan,bahagia adalah fitrah manusia.Jika kemudian manusia merasa bahagia,itu karena manusia sudah keluar dari fitrahnya.Fitrah manusia yang sempurna sering dikacaukan dengan pesan-pesan ketidakmampuan yang datang dari lingkungannya.

Bahagia menurutnya adalah menerima apa yang sudah kita miliki.Ketika kita menolak yang terjadi pada diri kita,saat itulah ketidakbahagiaan akan muncul.

Lalu,haruskah kita pasrah pada nasib ketika hidup dirundung malang?Jawabannya:tidak!Sambil menerima yang sudah terjadi dengan ikhlas,kita tetap perlu ikhtiar,bersikap reaktif,juga antisipatif terhadap perubahan itu.Kita harusmenjadi subyek dari perubahan tersebut dan memiliki kendali penuh atas apapun yang terjadi dalam kehidupan kita.

Erbe Sentanu mengatakan,kita sebenarnya bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.Lalu,Bagaimana caranya?

Kita bisa menggabungkan tehnik relaksasi,visualisasi,dan afirmasi dalam sebuah proses yang bertujuan menanamkan suatu realitas yang kita inginkan ke dalam pikiran atau alam bawah sadar.Dengan kata lain,kita bisa mempengaruhi alam bawah sadar untuk mewujudkan realitas baru yang kita inginkan tersebut.Misalnya,ketika kita ditimpa penyakit berat atau kehilangan pekerjaan,kita bisa menanamkan harapan baru sekaligus mewujudkannya,bahwa kita pasti sehat atau kita pasti mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik.Proses inilah yang disebut dengan pemprograman kembali alam bawah sadar (suconcious reprogramming ).

Mengapa Menggunakan Alam Bawah Sadar?

Yang menjadi pertanyaan,mengapa mengunakan alam bawah sadar?

Erbe Sentanu mengatakan,alam bawah sadar tidak pernah bisa membedakan antara imajinasi dengan kenyataan.Alam bawah sadar tidak pernah memiliki mekanisme untuk mengetahui hal-hal yang nyata ataupun tidak nyata.Kita bisa melihat contohnya dalam kasus berikut ini.

Pada tahun 1962,Majalah Kedokteran Kyushi keluaran Jepang melaporkan bagaimana system kekebalan anak-anak Jepang bereaksi terhadap Sesuatu yang mereka anggap nyata.Anak-anak itu setelah ditutup matanya di beritahu bahwa tanaman yang tengah digosok-gosokan ke lengan mereka adalah tanaman beracun,setelah itu ,mereka mengeluarkan reaksi-reaksi alergi yang keras pada lengan mereka,seperti pembengkakan,kulit menjadi kemerah-merahan dan gatal-gatal.

Namun ketika di beritahu bahwa yang digosokkan di tangan mereka adalaah zat yang tidak berbahaya,reaksi-reaksi tersebut tidak muncul.Nah.disitulah alam bawah sadar bekerja.ketika alam bawah sadar merekam bahwa tanaman itu beracun,maka reaksi yang dikelurkan pun seperti reaksi yang di keluarkan jika tanaman tersebut beracun,maka reaksi yang di kelurkan pun seperti yang di keluarkan jika tanaman tersebut beracun,walaupun sebenarnya tidak demikian.

Karena itu,kita bisa memanfaatkan cara kerja alam bawah sadar untuk sesuatu yang menguntungkan.Kita bisa menanamkan program apapun kealam bawah sadar untuk mewujudkan segala sesuatu yang kita inginkan.

Dalam bukunya,Quantum Ikhlas,Mas Nunu,begitu sebutan akrab Erbe Sentanu,mengatakan bahwa pikiran tidak hanya terkait dengan pembagian otak secara fungsional yang terdiri dari otak kiri dan otak kanan,tetapi juga pembagian berdasarkan aspek kesadarannya.

Umumnya manusia hanya memanfaatkan pikiran sadarnya yang memiliki kekuatan hanya 12% dari keseluruhan kekuatan pikirannya.Pikiran sadar inilah yang biasa kita maksud ketika menyebut seseorang sedang menggunakan ‘ otaknya’.Sedangkan yang 88% lainnya merupakan kekuatan bawah sadar yang secara umum hanya muncul dalam bentuk “perasaan”nya.

Bayangkan,jika dengan 12 persen dari keseluruhan otak manusia saja banyak yang bisa dilakukan,bagaimana kalau kemampuan otak yang 88% itu bisa kita manfaatkan?Hasilnya tentu luar biasa.Seperti yang di ungkapkan Mas Nunu,kekuatan alam bawah sadar begitu besar,dan dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tiga sampai tujuh kali lebih cepat.

Kondisi Alpha=Gerbang Menuju Alam Bawah Sadar

Lalu,bagaimana caranya mengeksplorasi kekuatan alam bawah sadar tersebut?

Sebagai langkah awal,perlu dipahami kondisi otak manusia menurut gelombangnya.Ada empat katagori gelombang otak,yaitu beta,alpha,theta,dan delta.

Kondisi Beta ( 14-100 Hz ) adalah kondisi saat kita sepenuhnya sadar.Saat ini otak didominasi oleh logika.Saat seseorang berada di gelombang ini,otak kiri sedang aktif berfikir,konsentrasi,dan sebagainya,sehingga gelombang otaknya meninggi.

Kondisi yang paling penting untuk menembus pikiran bawah sadar adalah alpha ( 8-13,9 Hz ) dalam kondisi alpha kita bisa membuka pintu gerbang menuju 88% kekuatan alam bawah sadar.Kondisi alpha adalah kondisi yang sangat releks atau sama persis dengan kita berhayal dan melamun.

Kondisi theta ( 4-7,9 Hz ) adalah kondisi kita saat bermimpi.Pada saat ini,pikiran pun menjadi kreatif dan ispiratif.Dalam keadaan theta,pikiran menjadi sangat jernih,sangat khusuk,terjadi relaksasi yang dalam,dan saat ini indra keenam atau intuisi muncul.Yang membedakan kondisi alpha dengan theta adalah kesadaran kita.Pada kondisi alpha,kita masih merasakan anggota tubuh kita,sedangkan pada kondisi theta semua itu sudah tidak terasa lagi.

Sedangkan kondisi delta ( 0,1-3,9 Hz ) adalah kondisi pada saat manusia sedang tertidur pulas tanpa mimpi.Kondisi Delta di perlukan oleh tubuh,karena dalam kondisi itu tubuh aktif mengganti sel-sel yang rusak dan melakukan peremajaan terhadap sel-sel tubuh.

Lalu bagaimana caranya kita masuk kegelombang alpha?Cara yang mudah adalah membalikkan mata kita ke atas dan memejamkan mata,lalu pikiranpun membawa kita ke dalam kondisi alpha,melarutkan kita dalam suasana yang nyaman dan penuh kedamaian.

Kondisi alpha juga dapat dibangun melalui meditasi.Meditasi yang sempurna adalah kedua telapak tangan dibuka,pada saat itulah energi alam akan menyatu dan berputar dalam keseluruhan tubuh.Di tunjang musick indah dan syahdu,suasana akan tercapai.

Mas Nunu menawarkan cara mudah untuk masuk ke kondisi alpha,yaitu dengan menggunakan alat bantu yang disebut teknologi DigitalPleyer.Alat ini berupa CD brainware managemen ( pengaturan gelombang otak ) berisi suara-suara alam seperti air mengalir,gelombang samudra yang naik turun,atau kicau burung,semua itu telah diracik menggunakan teknologi audio yang khusus didesain untuk menghasilkan kondisi-kondisi otak dan kesadaran tertentu.Mendengarkan CD ini secara teratur bisa melatih otak untuk bekerja sama antara satu sisi dengan sisi lainnya,sehingga bisa memasuki kondisi alpha secara cepat.

Menggambarkan bayangan mental dengan visualisasi

Dalam praktiknya,visualisasi sebenarnya adalah proses menciptakan ide,bayangan mental,atau gambaran di lubuk hati kita yang paling dalam.Ini merupakan cara untuk bergerak memasuki tingkat kesadaran yang lain dan menanamkan gambaran yang kita inginkan.Misalnya,ketika kita sakit,kita membayangkan diri kita yang sehat dan bisa melakukan banyak aktifitas.

Pada pelaksanaannya,visualisasi harus didahului dengan relaksasi,karena hanya dengan cara inilah kita dapat menyentuh energi bawah sadar dengan kuat.Ketika kita berada dalam kondisi yang relaks dan hening secara mental,itulah saatnya kita menggunakan imajinasi untuk memvisualisasikan sesuatu yang kita inginkan.Semakin kuat keinginan kita,semakin focus energi yang kita arahkan ke bayangan mental,sehingga potensi untuk mewujudkan bayangan ke dalam realitas fisik akan lebih kuat.

Afirmasi atau self talk

Afirmasi di lakukan dengan mengucapkan suatu hal dengan penuh keyakinan terhadap diri sendiri ( self talk ) untuk mencapai tujuan tertentu,kemudian merasakan dan mewujudkannya.

Dalam pemprograman alam bawah sadar,ada beberapa kaidah yang mesti dipatuhi dalam melakukan afirmasi,yaitu menggunakan kalimat yang pendek dan jelas maksudnya.Kemudian diucapkan dengan bahasa yang positif,misalnya,”saya berani,”selanjutnya,dirumuskan dalam masa sekarang dan meyakini bahwa apa yang anda kehendaki itu pasti terlaksana.Dan yang terpenting,kalimat anda itu di ulang-ulang,untuk member waktu agar pernyataan anda tersebut meresap dan terekam kea lam bawah sadar kita.

Tambahkan emosi atau perasaan yang menyenangkan

Selain relaksasi,visualisasi,dan afirmasi,hal yang tak kalah penting dalam melakukan pemprograman kembali bawah sadar adalah keyakinan.

Agar proses pemprograman bawah sadar dapat lebih efektif,diperlukanemosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan.Ketika kita inginkan,ciptakan sebuah rasa bahagia seolah-olah apa yang kita inginkan sudah tercapai.

Melakukan program alam bawah sadar ini dilakukan terus menerus,sedikitnya tiga kali sehari,masing-masing selama 20 menit sampai realitas yang kita harapkan tersebut terwujud menjadi kenyataan.

Sebelum kita mengawali tahapan program ulang (reprogramming) alam bawah sadar,kita perlu menentukan terlebih dulu realitas/target yang kita harapkan secara jelas.Selanjutnya,cari tempat nyaman untuk melakukan proses ini.Pilih tempat yang sunyi yang tidak banyak ganguan.Kita harus berada dalamkeadaan yang sangat releks.Jika perlu,lakukan dulu latihan ringan untuk melepaskan atau merenggangkan otot-otot kita.Setelah itu lakukan visualisasi dan afirmasi.

LANGKAH-LANGKAH SUBCONSCIOUS REPROGRAMMING

  1. Duduk atau berbaring dengan nyaman dan relaks.Pejamkan mata,kalau perlu diiringin music yang lembut yang membuat anda sangat relaks dan semua beban anda terlepas.Atau gunakan CD ala Mas Nunu.tarik napas panjang dan dalam.Rasakan udara dingin memasuki yang seluruh tubuh dengan lobang hidung.Secara perlahan anda memasuki kondisi gelombang otak alpha.Nikmati keadaan ini beberapa saat.
  2. Kemudian ucapkan dalam hati afirmasi yang sudah anda buat,Misalnya,”Saya sembuh total dan saya bisa beraktifitas dengan bebas.”
  3. Kemudian visualisasikan keadaan atau tujuan yang anda harapkan tersebut kedalam layar mental anda.Bayangkan anda sudah sehat dan melakukan berbagai aktifitas.Gambarkan dengan jelas sehingga anda benar-benar dapat melihat diri anda sendiri dalam pikiran anda.
  4. Sambil membayangkannya,tambahkan suasana hati atau perasaan positif yang anda miliki ketika tujuan itu tercapai.Hati anda di penuhi rasa senang,bahagia,dan syukur.Ambil napas panjang dan dalam,nikmati perasaan itu.Nikmati gambaran visual dan perasaan hati yang menyertai suasana tersebut.
  5. Setelah itu hitunglah secara perlahan dari 5,4,3,2,1 sambil menarik napas yang panjang dan dalam pada saat hitungan.Setelah itu,bukalah mata anda.

Jika prose situ terjadi kurang dari 20 menit.ulangi beberapa kali lagi sampai mencapai sekitar 20 menit.Lakukan terus secara tekun.Perlu diingat,semuanya memerlukan proses dan waktu yang cukup untuk tumbuh dan terwujud menjadi realitas baru yang kita harapkan.Selamat mencoba.

Menjelajahi Dunia Pikiran Bawah sadar

Tip-tip

AlaM Bawah Sadar
Manusia adalah mahluk ciptakan Tuhan yang paling sempurna dengan memiliki ke istimewaan yang sangat luar biasa, di bandingkan dengan mahluk ciptaan Tuhan lainnya, bukan ?. Manusia di karuniai pikiran yang jelas dan jauh lebih baik di bandingkan mahluk lainnya, sehingga cara berpikir manusia dapat di kelompokan menjadi beberapa kategori nyata. Pada dasarnya mekanisme pikiran manusia dapat di bagi menjadi :

  • Counscious (pikiran sadar) Mengontrol 12%
  • Sub-counscious (bawah sadar) mengontrol 88%
Bila kita telusuri lebih mendalam tentang pikiran manusia, pasti anda akan Kaget mengetahui bahwa begitu luasnya wilayah pikiran manusia ini. Sehingga salah satu Pakar Psikology dunia, Sigmun freud mengumpamakan pikiran manusia itu ibarat gunung es yang berada di tengah lautan. Gunung es yang terlihat di permukaan hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan bagian yang sebenarnya. Bagian yang paling besar, tersembunyi dari pandangan mata dan hanya dapat di lihat apabila manusia menelusuri kedalamannya.
Pikiran sadar (counscious) dan alam bawah sadar (sub-counscious) memiliki beberapa fungsi, yaitu ?

Fungsi pikiran sadar (Counscious)

  • Mengidentifikasi yang masuk
  • membandingkan
  • menganalisa
  • mamutuskan
Fungsi Pikiran bawah sadar (sub-counscious)

  • Belief and value
  • Kebiasaan (reflek, baik, buruk)
  • Emosi
  • Memori jangka panjang
  • kepribadian
  • intuisi
  • kreativitas
  • Persepsi
Sekarang, saya yakin anda pasti akan terkagum-kagum mengetahui ternyata alam bawah sadar anda begitu besar mengontrol cara berfikir anda. Sub-counscious bisa di ibaratkan sebuah handycam, yang akan merekam segala yang kita dengar,rasakan,lihat,alami, baik di kejadian sebelumnya maupun kejadian yang baru saja anda alami.

Bagaimana Menjangkau Alam Bawah Sadar Anda ?
Setiap hari, tanpa sadar kita menggunakan alam bawah sadar kita dalam berpikir, sehingga pikiran kita di lanjutkan untuk menjadi sebuah tindakan. Namun sebagian besar orang tidak menyadari akan hal ini. Padahal; bila anda mau ? anda bisa mengontroldan menguasai alam bawah sadar anda.
Yang paling mendasar yang harus anda ketahui sebelumnya untuk masuk ke Alam bawah sadar anda adalah dengan melatih Fokus anda, belajar berimajinasi, yakin dan percaya.
Bagaimana melatih fokus kita yang paling efektif yaitu :

  1. Ambil posisi sesantai dan se rilex mungkin
  2. Putar musik sekencang mungkin atau anda berada di tengah keramaian
  3. Atus nafas anda dengan menghirup melalui hidung dan menghembuskan melalui mulut
  4. mulai menghitung mundur dari 100 ke  1, kalau perlu matanya di buka
  5. Yang terakhir ; pada hitungan ke satu, genggam tangan anda sekuat mungkin dan tetapkan tujuan anda, kalau perlu anda teriak se keras mungkin
Setelah anda mampu melatih fokus anda,selanjutnya anda harus mengetahui 5 cara menjangkau alam bawah sadar anda. yaiut ?\

  • Pengulangan/repetisi
  • Identifikasi kelompok
  • Ide yang disampaikan oleh figur yang di pandang memiliki otoritas
  • Emosi yang interns
  • Hypnosis atau Alpha State
Apa yang terjadi sehingga anda mampu menguasai pikiran Alam bawah sadar anda dan mampu menyeimbangkan antara Counscious dan Sub-Counscious ?
Saya yakin anda mampu membangkitkan potensi yang tersembunyi dalam diri anda,anda akan lebih produktif,Mengendalikan emosi,Fokus terhadap tujuan,mampu memanipulasi suatu kegagalan menjadi suatu kesuksesan, sehingga anda mampu mengatasi segala kesulitan-kesulitan yang membuat anda berhenti untuk meraih impian anda.

Selamat Mencoba Sahabat Share-xp

7 komentar:

writer mengatakan...

jadi ingin mengetahui.....
rahasia alam bawah sadar

Share Trick Komputer mengatakan...

Ayo Coba aja gan.. :D semoga bermanfaat bagi agan..
Tunggu artikel tentang Lucid Dream yah.. Artikel tentang bagaimana bisa kebawa ke alam Mimpi.. :)

Obat Pembesar Payudara mengatakan...

Saya suka blog Anda, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari Anda. Apakah Anda menjalankan situs lain?

Share Trick Komputer mengatakan...

@Obat Pembesar Payudara : Terimakasih telah menyukai Blog saya.. saya hanya menjalankan satu Blog ini saja dan tidak menjalankan situs lain.. saya ini masih seorang pelajar SMA yang baru duduk di kelas X ..

Unknown mengatakan...

ikut ilmu aja mas, bisa kok..

gedejati mengatakan...

akan saya coba semoga berhasil

Mumu mengatakan...

pada hitungan ke 3,,anda Tewas !!!

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar disini , Jika kalian ingin request bisa berkomentar di artikel ini atau melalui contak me yang ada di Baris Menu di atas.
Terimakasih ...

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Sopian | Bloggerized by share-xp - Themes Design By Admin | coupon codes